11 April 2008

Jogja Punya Busway

Sudah beberapa bulan ini Jogja mempunyai sarana transportasi baru, ya bus kota shelter to shelter, yang seringkali disebut busway.. Bus ini di tempeli nama sabagai Transjogja

Moda angkutan ini ternyata banyak ditunggu kalangan pengguna angkutan umum, terutama ibu-ibu dan kaum wanita karena selain nyaman, juga tidak ugal-ugalan seperti image yang menempel pada saudara tuanya, bus kota konvensional..

Sejumlah perbedaan mendasar dari Bus Transjogja dengan Bus Kota konvensional adalah Bus Transjogja tidak bisa menaikkan dan menurunkan penumpang disembarang tempat, kecuali di halte (shelter lebih tepatnya), selain itu juga Bus Transjogja dilengkapi dengan AC, tempat duduk yang nyaman (seperti tempat duduk kelas eksekutif di kereta api) serta petugas yang dilengkapi seragam yang rapi. Hal ini tentusaja merupakan kemajuan yang cukup signifikan, ditambah dengan jam operasi yang sampai malam, kurang lebih jam 21.30, sehingga mendukung geliat Jogja sebagai kota pariwisata..

Satu hal, yang menjadi momok bagi sarana dan prasarana umum di Indonesia selama ini adalah kurangnya perawatan serta pengrusakan tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab, ambil contoh misalnya telepon umum, beberapa tahun yang lalu, ketika kebutuhan masyarakat akan telepon umum masih tinggi, tak banyak telepon umum yang awet dan bertahan lama fungsinya di tengah masyarakat, entah rusak entah hilang... dan boks nya pun tak luput dari corat coret..
Namun semoga, masyarakat kita semakin dewasa, terutama generasi mudanya, sehingga sarana bus Transjogja tetap terjaga dan terpelihara...

Mau lihat Transjogja, klik di sini

1 komentar:

thankz for comment..