14 Mei 2008

Masangin

alun-alun
Bagi mereka yang sudah lama tinggal di Jogja pasti mengenal istilah Masangin (masuk diantara dua beringin).
Masangin adalah sebuah permainan sekaligus tradisi yang dilakukan di alun-alun selatan jogja, permainan tersebut adalah berjalan dengan mata ditutup untuk memasuki daerah diantara dua beringin.

Apa susahnya memasuki dua beringin yang jaraknya sekitar 10 meter tersebut? Masalahnya adalah pemainnya harus berjalan dari jarak kira-kira 50 meter di jalan yang menghubungkan kedua beringin di tengah alun-alun tersebut dengan trotoar jalan di bagian utara alun-alun.
Terdapat mitos kuat di sini, bahwa jika seseorang yang mampu masuk diantara kedua pohon tersebut memiliki hati yang lurus dan jujur.

Namun memang setelah saya mencoba sendiri, ada sensasi lain yang muncul ketika berjalan dengan mata tertutup sejauh itu. Ketika kaki melangkah seperti ragu dan melayang serta menjadi sangat berhati-hati. Mungkin nanti bisa dibandingkan untuk mencoba berjalan dengan mata tertutup di tempat lain (bukan di alun-alun selatan Jogja)

Pada kenyataannya memang sulit untuk berjalan masuk, dengan mata tertutup, diantara kedua pohon beringin tersebut. Hal ini bisa dijelaskan secara logis, dengan jarak berjalan kurang lebih 50 meter tegak lurus dengan ruang terbuka diantara dua pohon beringin tersebut, maka kemiringan sedikit saja dari langkah kaki, misal 2 derajat, akan sangat mempengaruhi jalur langkah yang akan dilalui. Secara matematis langkah tersebut akan menjadi diagonal, bukan lagi tegak lurus dengan ruang antara dua pohon beringin tersebut. Tentu saja hal ini terlepas dari mitos bahwa siapa yang berhasil masuk dianggap memiliki kebersihan dan kejujuran hati.

Bagi yang penasaran dan ingin mencoba, sudah disediakan penutup mata, tentu saja dengan menyewa, hanya 3 ribu perak.

denah kraton

0 comments:

Posting Komentar

thankz for comment..